Belajar Sistem Pengelolahan Air, Siswa SD Alam Lukulo Berkunjung ke PDAM Kebumen

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Untuk memberikan edukasi dan pentingnya mamfaat air bersih, puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Alam Lukulo belajar di ajak berkunjung ke Perumda Air Minum Tirta Bumi Senatosa (PDAM) Kebumen. Disini, mereka diajarkan langsung cara memasang instalasi sambungan pipa air hingga cara mengelolahnya.

Kegiatan yang baru pertama kali ini disambut penuh antusias oleh para siswa, Kamis 6 Oktober 2022. Bahkan mereka juga cukup aktif dan merespon saat teknisi PDAM memberikan pengarahan.

Direktur PDAM Kebumen Zein Musta’in menyambut baik para siswa SD yang ingin belajar mengenal tentang fungsi dan perawatan instalasi air bersih yang baik dan benar. Termasuk cara merawat box meter, water meter serta menggunakan air secara efisien.

“Tentu kami menyambut baik ya. Disini kami ajarkan bagaimana cara memasang sambungan pipa air di rumah dengan baik, merawat peralatan hingga cara menggunakan air secara efisien,’’ucapnya.

Lebiah jauh menurut Zein, dengan pembelajaran ini anak anak bisa memperlakukan air dengan baik dan hemat saat menggunakannya. Selain itu mereka juga jadi tahu bagaimana pekerjaan yang dilakukan oleh para teknisi di PDAM Kebumen, untuk menyambungkan air hingga sampai ke pelanggan.

‘’ Kalo misal ada yang bercita cita menjadi tukang ledeng maupun menjadi Enginer di PDAM Kebumen, maka dengan pembelajaran ini pasti mereka akan bertambah semangat untuk menjaga lingkungan, dan alam.’’imbuhnya.

Sementara itu, Fasilitator atau wali kelas 3 SD Alam Lukulo Nugraheni Utami Ningsih menyampaikan terima kasih kepada PDAM Kebumen. Terutama atas pembelajaran yang diberikan kepada para siswanya.

Heni menjelaskan pembelajaran merupakan proggram Seal Water Squad atau pasukan penjaga air dari Sekolah Alam Lukulo. Dengan begitu, anak anak harapannya bisa menularkan dan menceritakan kepada orang orang yang ada di sekitar mereka.

“Kegiatan ini bagian dari projek kami sebagai seal water squad atau pasukan penjaga air dari sekolah alam lukulo, harapannya tidak hanya berhenti di anak anak kita atau di sobat alam kami tapi mereka bisa menularkan dan menceritakan juga kepada keluarga teman teman dan orang orang di sekitarnya,” ungkapnya.

Salah Seorang Siswa Aqila Yusra Fatimah mengaku senang mengikuti pelajaran ini. Utamanya saatmenyambung pipa dan merawat air di PDAM Kebumen.

” Ini baru yang pertama kali, dan tadi memang ada kesulitan sedikit, pasangnya pipa salah tapi senang sih,” ungkapnya.(k24/imam).

SUMBER