PDAM Kebumen Meraih Penghargaan Bidang Inovasi Digital

KORANBERNAS.ID, SOLO — Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bumi Sentosa (PDAM TBS) Kebumen meraih penghargaan dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) atau Perpamsi Awards 2021 untuk katagori Perumda Air Minum Sehat yang Memiliki Inovasi dalam Bidang Teknologi Informasi.

Didampingi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Direktur PDAM TBS Kebumen Zein Musta’in menunjukkan trofi penghargaan. (istimewa)

Penghargaan diberikan Pengurus Pusat Perpamsi kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di The Sunan Hotel Solo, Rabu (8/12/2021),  bersamaan dengan Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XIV.

Arif Sugiyanto menyampaikan selamat dan apresiasi kepada PDAM TBS Kebumen sebagai Perumda air minum yang sudah menunjukkan kinerja baiknya, sehingga mendapatkan penghargaan nasional dari Perpamsi dengan inovasi digitalnya mempermudah layanan masyarakat.

Alhamdulillah kita patut berbangga, PDAM Kebumen sebagai Perumda Air Minum bisa meraih penghargaan Perpamsi sebagai PDAM terbaik yang mampu melalukan inovasi digital untuk perbaikan layanan masyarakat,” kata Arif Sugiyanto.

Penghargaan harus menjadi semangat dari seluruh jajaran pegawai PDAM TBS Kebumen untuk bekerja lebih giat. Penghargaan itu perlu dipertahankan setiap tahun. Kerja baik ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. PDAM punya kewajiban memberikan air bersih kepada masyarakat.

Direktur Perumda PDAM Kebumen Zein Musta’in mengatakan, pihaknya mengembangkan beberapa inovasi di antaranya program Aplikasi Petaku (PDAM Tetap Miliku). Aplikasi ini memudahkan akses data seluruh pelanggan berjumlah 31.057.

Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui secara cepat data pelanggan dengan menggunakan peta digital. “Program Petaku ini merupakan karya mandiri yang kita buat guna memudahkan PDAM, khususnya pembaca meter dan bagian pemeliharaan jaringan atau penagihan,” kata Zein.

PDAM TBS Kebumen telah me-launching program RPAM (Rencana Pengamanan Air Minum). Program ini berupa pendekatan pengamanan pasokan air minum yang meliputi penanganan di sumber air sampai dengan keran air setiap rumah tangga untuk memastikan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan pelayanan air minum bagi masyarakat.

“Pembayaran tagihan 100 persen kita juga sudah tidak melayani uang cash atau tunai. Tapi secara online melalui aplikasi atau juga jaringan resmi yang bekerja sama dengan PDAM,” kata Zein.

Dia berharap PDAM TBS bisa semakin sigap menghadapi keluhan pelanggan, perbaikan layanan dan memperluas jaringan pelanggan serta penyerapan air minum di Kebumen dan sekitarnya. (*)

SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *